Senin, 13 Oktober 2008

TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan manusia. Dewasa ini, kebijakan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi diarahkan untuk memecahkan masalah pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Sesuai arah kebijakan tersebut, program pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan adalah sebagai berikut :
1. Pengembangan Teknologi Pembelajaran
    Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan sistem dan model layanan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dalam rangka peningkatan mutu dan kesempatan untuk memperoleh pendidikan. Kegiatan pokok yang telah dan sedang dilaksanakan meliputi:
    a. Pengembangan dan pemanfaatan media audio interaktif untuk pembelajaran SD Kelas Rangkap.


    Belajar dengan memanfaatkan media audio

    b. Pengembangan pendidikan dan pelatihan Bahasa Inggris sistem Jarak Jauh untuk Guru SD.
    c. Pengembangan program pendidikan tinggi jarak jauh (Program D-II PGSD Sistem Jarak Jauh).
    d. Pengembangan pendidikan terbuka jarak jauh tingkat pendidikan dasar (SMP Terbuka).

    Siswa SMA Terbuka; belajar dengan modul

2. Pengembangan dan Pendayagunaan Teknologi Informasi
    Program ini merupakan pengembangan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi (komputer) dalam rangka menyediakan bahan belajar dan sarana komunikasi pembelajaran. Kegiatan pokok yang dilaksanakan:

    a. Pengembangan program VCD multi media interaktif untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

    Komputer; media pembelajaran interaktif

    b. Pengembangan dan pemanfaatan internet untuk pembelajaran (e-dukasi.net)
    c. Pengembangan jaringan sekolah (Jaring wiyata)

    Internet: wawasan global

3. Pengembangan dan Pendayagunaan Teknologi Komunikasi
    Program ini merupakan pengembangan media pembelajaran yang berbasis penyiaran (broadcast). Kegiatan pokok yang dilaksanakan :
    a. Pengembangan dan pemanfaatan video (VCD) untuk siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi.
    b. Pengembangan dan penyelenggaraan Siaran Televisi Pendidikan (Televisi Edukasi/ TVE).

    Siaran TVE; menjangkau seluruh tanah air

4. Pelayanan dan Kerjasama
    Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan dan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai upaya pengembangan dan pemasyarakatan teknologi informasi dan komunikasi pendidikan. Kerjasama dilakukan dengan lembaga/instansi (pemerintah dan swasta) baik di dalam maupun di luar negeri. Kegiatan pokok yang dilaksanakan :
    a. Pelatihan-pelatihan yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan

    Pelatihan Pengembangan SDM

    b. Pendidikan dan pelatihan (Diklat) teknis yang menekankan keahlian/ keterampilan profesional bidang teknik produksi media, manajemen produksi media, pengembangan bahan belajar, dan lain-lain.
    c. Pelayanan studi banding dan pelayanan magang bagi siswa dan mahasiswa dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi.
    d. Kerjasama Internasional dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (GDeNet, Japan Foundation, dll.)

    e. Penyelenggaraan Jaringan Sistem Belajar Jarak jauh. Indonesian Distance Learning Network (IDLN) bersifat lintas sektoral dari berbagai Departemen/Non Departemen, perguruan tinggi (negeri dan swasta), dan lembaga swasta yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan jarak jauh.

    f. Memfasilitasi Pengelolaan SEAMOLEC. Selaku host institution Pustekkom memfasilitasi pengelolaan SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Center). SEAMOLEC adalah lembaga yang menangani pemasyarakatan dan pengembangan sistem belajar jarak jauh/terbuka di Asia Tenggara.

    g. Asean SchoolNet

    Dalam rangka percepatan pengintegrasian ICT ke dalam pembelajaran, UNESCO Bangkok bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dari 8 negara ASEAN mengembangkan jaringan sekolah Asia Tenggara (ASEAN SchoolNet). Untuk kegiatan ini Pustekkom berperan sebagai National Coordinator. Dalam pelaksanaanya Pustekkom bekerjasama dengan Pusat Kurikulum dan Direktorat Pedidikan Menengah Umum.

Tidak ada komentar: